Website tidak aman? Aktifkan Sertifikat SSL

Website tidak aman? Aktifkan Sertifikat SSL

Secure Socket Layer yang disingkat menjadi SSL adalah teknologi atau protokol keamanan yang terstandar secara global dan memungkinkan terenkripsi antara peramban web dan server web. Sederhanannya SSL adalah cara sebuah web membuat koneksi aman dengan browser web pengguna. Tujuan menggunakan SSL adalah untuk menjaga informasi rahasia, penting, dan sensitif seperti username-password, data pribadi (nama, keluarga, alamat, tanggal lahir, riwayat medis), informasi keuangan (nomor kartu kredit & rekening bank), dokumen penting lainnya (data klien, paten & kontrak legal) kita dari pihak pihak yang tidak bertanggung jawab (Hackers). Ketika menggunakan SSL, informasi rahasia, penting, dan sensitif ini menjadi tidak terbaca oleh siapapun kecuali ke server yang memang dituju.

Bagaimana mengetahui site yang menggunakan sertifikat SSL?
Secara visual, kita dapat melakukan identifikasi pada browser dari hal hal berikut:
1. Terdapat prefiks URL “https” bukan hanya “http”.
2. Terdapat icon gembok di sebelah kiri URL
3. Terdapat segel yang menyatakan kepercayaan, jika belum terdapat segel, browser akan menampilkan halaman bahwa situs yang akan dikunjungi memiliki potensi bahaya.
4. Bilah alamat berwarna hijau (sertifikat EV SSL diterbitkan).

Pada era digital ini informasi kita menjadi sesuatu yang penting, sensitif, dan bahkan memiliki nilai jual. Seberapa penting mendapatkan sertifikat SSL? Seberapa penting berselancar di situs memiliki sertifikat SSL? Hal ini dikembalikan kepada diri kita sendiri. Seberapa penting data diri anda?

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.